PEMAHAMAN TUTOR TENTANG PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA DALAM PROGRAM PENDIDIKAN NON FORMAL DI SKB SERDANG BEDAGAI

SINULINGGA, ABDI AYANDA (2018) PEMAHAMAN TUTOR TENTANG PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA DALAM PROGRAM PENDIDIKAN NON FORMAL DI SKB SERDANG BEDAGAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143171001_COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143171001_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143171001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143171001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143171001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143171001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143171001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143171001_BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1143171001_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143171001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman tutor tentang pendidikan orang dewasa terhadap pelaksanaan program PNF di SKB Serdang Bedagai. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat pemahaman tutor tentang pendidikan orang dewasa terhadap pelaksanaan program PNF di SKB Serdang Bedagai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis andragogi dalam memperhatikan prinsip-prinsip dan strategi pembelajaran orang dewasa. Menurut Djudju Sudjana (2007) menjelaskan Prinsip prinsip tersebut adalah sebagai berikut: konsep diri, akumulasi pengalaman, kesiapan belajar, pemanfaatan hasil belajar, kemampuan belajar dan keterlibatan aktivitas mental dan fisik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif, subjek penelitian ini berjumlah 7 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman tutor tentang prinsip pendidikan orang dewasa terhadap pelaksanaan program PNF di SKB Serdang Bedagai baik, tutor memahami beberapa prinsip pendidikan orang dewasa yaitu konsep diri, akumulasi pengalaman, kesiapan belajar, pemanfaatan hasil belajar, kemampuan belajar dan keterlibatan aktivitas mental dan fisik, dengan melaksanakan indikator-indikator tersebut, maka tutor akan memahami prinsip belajar orang dewasa dan kedepanya orang dewasa dapat belajar hidup mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya melalui indikator-indikator yang diberikan oleh tutor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHANDAYANI, SILVIA MARIAH198601102008122002
Call Number: SK-2018 PLS 028
Keywords: Pemahaman Tutor, Prinsip Pendidikan Orang Dewasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34133

Actions (login required)

View Item View Item