ANALISIS MISKONSEPSI BUKU PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII PADA MATERI GENETIKA DI SMA NEGERI SE- KECAMATAN MEDAN KOTA

Hajizah, (2018) ANALISIS MISKONSEPSI BUKU PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII PADA MATERI GENETIKA DI SMA NEGERI SE- KECAMATAN MEDAN KOTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4143341015 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4143341015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4143341015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4143341015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4143341015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4143341015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4143341015 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4143341015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4143341015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4143341015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4143341015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya miskonsepsi, persentase masing- masing kategori miskonsepsi, dan persentase miskonsepsi pada masing- masing pokok bahasan (substansi materi genetik dan Hukum Mendel) dari materi genetika yang terdapat pada buku pelajaran biologi kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis dokumen (buku pelajaran) untuk menentukan konsep mana yang mengalami miskonsepsi. Sampel penelitian berupa 2 buku pelajaran yang dipilih dengan teknik purposive sampling dari buku- buku pelajaran biologi kelas XII yang digunakan di SMA Negeri yang ada di Kecamatan Medan Kota. Hasil penelitian menunjukkan terdapat miskonsepsi pada buku A sebesar 26,67% dan pada buku B sebesar 11,11%. Persentase masing- masing kategori miskonsepsi pada buku A dan B berturut- turut adalah: misidentifications 2,50% dan 0,00%; undergeneralizations 15,00% dan 3,13%, overgeneralizations 10,00% dan 3,13%, oversimplifications 2,50% dan 6,25% dan obsolete concept and terms 0,00% dan 3,13%. Untuk persentase miskonsepsi berdasarkan pokok bahasan berturut- turut pada buku A dan B adalah: substansi materi genetik 30,00% dan 15,63%, Hukum Mendel 0,00% dan 0,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Call Number: SK-2018 BIO 194
Keywords: Miskonsepsi; Buku Pelajaran; Materi Genetik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34044

Actions (login required)

View Item View Item