ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANG BARU T.P 2017/2018

Amini, Fitri (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANG BARU T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143141018 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143141018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4143141018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143141018 TABLES.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4143141018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143141018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143141018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi sistem ekskresi ditinjau dari aspek kognitif dan indikator pembelajaran serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karang Baru Tahun Pembelajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara purposive sampling dengan jumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes diagnostic dan angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesulitan belajar siswa yang tertinggi sampai terendah pada aspek kognitif yaitu C6,C4,C5,C3,C1 dan C2 sebesar 47,37%, 46,5%, 46,00%, 39,61%, 34,74% dan 26,53%. Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pada materi sistem ekskresi yaitu indikator 1 sebesar 28,95% kategori sedang, indikator 2 sebesar 46,02% kategori sangat tinggi, indikator 3 sebesar 39,89% kategori tinggi dan indikator 4 sebesar 42,32% kategori tinggi. Faktor internal dan eksternal penyebab kesulitan belajar dari persentase kesulitan belajar tertinggi sampai terendah yaitu keluarga (63,15%), minat (63,02%), sekolah (63,00%), psikologi (46,57%), metode mengajar (45,21%), materi (44,42%), motivasi (44,21%), media (44,21%), guru (44,12%), dan kesehatan (44,03%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Mhd. Yusuf196312091989031005
Call Number: SK-2018 BIO 196
Keywords: Kesulitan Belajar;Aspek Kognitif;Indikator Pembelajaran;Sistem Ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33994

Actions (login required)

View Item View Item