PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Saragih, Olivia Laura (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7141142026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7141142026 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7141142026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7141142026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7141142026  PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7141142026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7141142026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7141142026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7141142026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7141142026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7141142026 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7141142026 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 714112026 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 714112026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7141142026 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7141142026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7141142026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7141142026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7141142026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7141142026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7141142026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7141142026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2018/2019 melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Guided Note Taking.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini Adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Guided Note Taking. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil angket mengenai minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari minat belajar siswa pada siklus I terdapat 3 siswa (10%) untuk kriteria minat tinggi, 10 siswa (33,33%) untuk kriteria minat sedang dan 17 siswa (56,67%) untuk kriteria minat rendah. Sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa (80%) dengan kriteria minat tinggi dan 6 siswa (20%) dengan kriteria minat sedang , berdasarkan kriteria penilaian yaitu 76%-100% dikatakan minat tinggi sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 30 siswa hanya 16 siswa (53,33%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 27 siswa (90%) pada siklus II. Hal ini sudah menunjukkan siklus II sudah mencapai KKM secara klasikal yaitu 85%. Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siklus I dan hasil belajar siklus II dengan > , yaitu 10,18 > 1,699. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Guided Note Taking dapat Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 103
Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving, Pendekatan Guided Note Taking
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 10:53
Last Modified: 12 Apr 2019 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33866

Actions (login required)

View Item
View Item