PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ROTATING ROLES DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI SMA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2018/2019

SIAHAAN, DAMERIA BERTY (2018) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ROTATING ROLES DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI SMA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2143111013 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2143111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2143111013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2143111013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2143111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2143111013 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2143111013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2143111013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2143111013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2143111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan guru terhadap teknik pembelajaran rotating roles dalam pembelajaran bermain drama. Teknik pembelajaran rotating roles dilakukan dengan cara memberikan kesempatan pada setiap peserta didik untuk melatih kecakapan melalui bermain peran tentang situasi kehidupan nyata. Teknik pembelajaran rotating roles terdiri dari 6 (enam) tahapan, yaitu Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok yang beranggotakan tiga orang (jumlah anggota kelompok dapat divariasi menyesuaikan jumlah siswa), setiap kelompok membuat skenario kehidupan nyata yang membahas topik yang telah ditentukan, setelah masing-masing kelompok menulis skenarionya pada lembar yang terpisah, satu anggota dari tiap kelompok menyampaikan skenario itu pada kelompok lain dan ia ada ketika anggota kelompok lain membaca skenario untuk mengklarifikasi atau memberi informasi tambahan jika perlu. Siswa kemudian kembali ke kelompok aslinya, setiap ronde seharusnya terdiri paling tidak 10 menit bermain peran dengan 5 sampai 10 menit feedback dari pengamat, Dalam setiap ronde, pengamat seharusnya berkonsentrasi pada identifikasi apakah yang dilakukan sudah berjalan dengan baik, setelah semua tampil, kumpulkan kembali semua kelompok untuk diskusi umum. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan data penelitian dengan apa adanya. Penelitian ini difokuskan pada tahapan-tahapan yang dilakukan guru sesuai dengan tahapan teknik pembelajaran rotating roles. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, catat lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan proses tahapan teknik pembelajaran yang dilakukan guru. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Guru di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam tidak memenuhi seluruh langkah di dalam enam tahap teknik pembelajaran rotating roles dengan skor mencapai 3,5. Dampaknya dapat dilihat melalui tidak adanya penyampaian dibagian tahapan nomor empat teknik pembelajaran rotating roles tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDUmar, Azhar196006111983011001
Call Number: SK-2018 IND 142
Keywords: PENERAPAN, TEKNIK PEMBELAJARAN ROTATING ROLES, GURU, DAN BERMAIN DRAMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33732

Actions (login required)

View Item View Item