PENGEMBANGAN MEDIA VIDIO ONTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 101732 KAMPUNG LALANG

Sablimai, Luki (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDIO ONTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 101732 KAMPUNG LALANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8136182029 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8136182029 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8136182029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8136182029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8136182029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8136182029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8136182029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8136182029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8136182029 BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8136182029 BAB V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8136182029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengembangkan media video interaktif pembelajaran tematikpada siswa kelas V SDN 101732 Kampung Lalang yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran sebagai sumber belajar. (2) Mengetahui efektivitas media video interaktif pembelajaran tematik yang dihasilkan, dalam meningkatkan hasil belajar tematik tema udara bersih bagi kesehatan.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang biasa kita sebut R&D (Research and Development) dengan mengikuti prosedur dari Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi, dua ahli desain pembelajaran, dan dua ahli rekayasa perangkat lunak, tiga siswa untuk uji coba perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan dua puluh siswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan; (1) uji ahli materi tematik termasuk dalam kategori sangat baik (82,33%), (2) uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori baik (88,55%), (3) ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori baik (94,10%), (4) uji coba perorangan berada pada kulifikasi sangat baik (91,43%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kulifikasi sangat baik (93,63%), (6) uji coba lapangan berada pada kulifikasi sangat baik (97,96%).Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antar hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media gambar. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebasar 1.23 pada taraf signifikan ɑ=0,05 dengan dk 38 diperoleh ttabel =14,68, sehingga thitung >ttabel. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video interaktif adalah sebesar 80% dan lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media gambar yaitu sebesar 75%

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHajar, Ibnu196305201987031004
Thesis advisorHidayat, 196208061990031002
Call Number: 372.2 Sab p
Keywords: Media Video Interaktif, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33637

Actions (login required)

View Item View Item