PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS BUDAYA MANDAILING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MIN SIHADABUAN PADANGSIDIMPUAN

sofiyah, Khotna (2018) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS BUDAYA MANDAILING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MIN SIHADABUAN PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8166181013. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8166181013. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8166181013. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8166181013. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8166181013. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8166181013. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8166181013. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8166181013. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8166181013. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8166181013. BAB V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 8166181013. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis budaya Mandailing (PMR-BBM) lebih baik daripada pembelajaran biasa (PB) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Selain itu penelitian ini juga melihat kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa terhadap tahapan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN Sihadabuan Padangsidimpuan. Sampel penelitian ini adalah kelas VA dan kelas VB yang berjumlah 66 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial Anacova dan Uji Mann Whitney menggunakan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pendekatan PMR-BBM lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil anacova dengan konstanta persamaan regresi untuk kelas pendekatan PMR-BBM yaitu 7,163 lebih besar daripada kelas pembelajaran biasa yaitu 4,862 serta selisih rata-rata pretes dan postes kelas PMR-BBM yaitu 10,18 lebih besar daripada pembelajaran biasa yaitu 6,75. Pengaruh pendekatan PMR-BBM lebih baik daripada PB terhadap kemandirian belajar siswa, dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 serta Mean Rank kelas PMR-BBM yaitu 41,86 lebih besar dibandingkan kelas PB yaitu 25,14. Kesalahan memeriksa kembali jawaban merupakan yang paling dominan dilakukan siswa. Kemudian, merencanakan penyelesaian masalah, memahami masalah dan menyelesaikan masalah sesuai rencana. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa ketika mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah adalah kesalahan diakibatkan kecerobohan, kesalahan keterampilan proses, kesalahan mentransformasikan informasi dan kesalahan dalam memahami soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 372.2 Sof p
Keywords: Matematika Realistik, Budaya Mandailing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33636

Actions (login required)

View Item View Item