PENGARUH PERMAINAN KONSTRUKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-FITRAH

Nahdani, Siti (2019) PENGARUH PERMAINAN KONSTRUKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-FITRAH. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. 8156182075 Cover.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text
2. 8156182075 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text
3. 8156182075 Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text
4. 8156182075 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text
5. 8156182075 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text
6. 8156182075 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
7. 8156182075 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
8. 8156182075 Bab I.pdf - Published Version

Download (772kB)
[img] Text
12. 8156182075 Bab V.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
13. 8156182075 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru yaitu pembelajaran didominasi oleh guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru mengakibatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh permainan konstruktif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak; (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan anak yang memiliki motivasi belajar rendah; dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara bermain konstruktif dengan motivasi belajar anak terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan;. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas A1, A2, A3, di Raudhatul Athfal Al-Fitrah Binjai dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas A1 sebanyak 24 siswa untuk kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan Bermain balok angka dan Bermain ular tangga dan untuk kelas kontrol kelas A2 sebanyak 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata Kemampuan mengenal konsep bilangan siswa yang mendapatkan pembelajaran balok angka sebesar 45.46 dan siswa yang mendapatkan pembelajaran Ular Tangga sebesar 35.63; dengan demikian Motivasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran balok angka sebesar lebih besar dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran Ular Tangga; (2) Anak yang memiliki Motivasi tinggi memperoleh nilai rata – rata = 48.26, sedangkan anak yang memiliki Motivasi rendah memperoleh nilai rata – rata = 31.1. Dengan demikian Motivasi belajar anak yang bermain balok angka lebih tinggi daripada motivasi belajar anak yang bermain ular tangga; dan (3) Nilai rataan setiap kelompok data bahwa Konsep bilangan siswa yang diajar dengan pembelajaran Balok angka yakni kelompok tinggi (52.5), dan kelompok rendah (35.6), anak yang diajar dengan pembelajaran ular tangga yaitu kelompok tinggi (42.92), dan kelompok rendah (27.00), menunjukkan bahwa secara signifikan tidak terdapat interaksi antara penggunaan pembelajaran dan motivasi belajar anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071991031010
Call Number: 372.2 Nah p
Keywords: Permainan Konstruktif, Motivasi Belajar, dan Konsep Bilangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33628

Actions (login required)

View Item View Item