PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 TANJUNGBALAI

Azhima, Fauziatun (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8166182028 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8166182028 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156191007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156191007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 815619100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 815619100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156191007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156191007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156191007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156191007 BAB I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156191007 BAB V.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156191007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis masalah yang dikembangkan pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Tanjungbalai, (2) Mendiskripsikan kelayakan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis masalah yang dikembangkan pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Tanjungbalai, dan (3) Mengetahui hasil pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis masalah yang dikembangkan pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Tanjungbalai. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Tanjungbalai. Hasil validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi dengan ratarata 88,88% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 87,59% dengan kriteria sangat baik, dan aspek bahasa dengan rata-rata 87,50% dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi dari ahli desain memperoleh rata-rata 87,50% dengan kriteria sangat baik, dan respon guru dengan rata-rata 83,82% pada kriteria sangat baik. Uji coba perorangan dengan rata-rata 76,39% pada kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 80,09% pada kriteria sangat baik, dan uji lapangan terbatas dengan rata-rata 87,04% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan handout sebesar 75,15 sedangkan hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sesudah menggunakan handout meningkat sebesar 85,00%. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksplansi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Call Number: 411 Azh p
Keywords: teks, bahan ajar, eksplanasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33602

Actions (login required)

View Item View Item