PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LIMAPULUH KABUPATEN BATUBARA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Siahaan, Reinhard Esrada (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LIMAPULUH KABUPATEN BATUBARA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126122038 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126122038 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126122038 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126122038 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126122038 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126122038 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126122038 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126122038 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126122038 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126122038 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126122038 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126122038 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126122038 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126122038 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126122038 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126122038 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126122038 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126122038 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126122038 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126122038 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126122038 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126122038 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dengan siswa yang memiliki gaya berpikir acak abstrak, 3) mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Limapuluh Kabupaten Batubara. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 108 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan uji F dan uji lanjut menggunakan uji Scheffe. Temuan penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan Fhitung> Ftabel (7,63 > 3,99), 2) hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir acak abstrak dengan Fhitung> Ftabel (7,37 > 3,99), 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa dengan Fhitung> Ftabel (21,15 > 3,99). Hasil uji Scheffe untuk hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori teruji kebenarannya.Untuk uji Scheffe terhadap hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir acak abstrak yang juga dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah teruji kebenarannya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Sia p
Keywords: Strategi pembelajaran, gaya berpikir, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Mar 2019 03:25
Last Modified: 18 Mar 2019 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33583

Actions (login required)

View Item
View Item