PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MUSIKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOLFEGIO PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

Simanjuntak, Rinaldo Abednego (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MUSIKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOLFEGIO PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8126122039 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text
2. NIM. 8126122039 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (676kB)
[img] Text
3. NIM. 8126122039 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text
4. NIM. 8126122039 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text
5. NIM. 8126122039 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text
6. NIM. 8126122039 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text
7. NIM. 8126122039 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
8. NIM. 8126122039 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
9. NIM. 8126122039 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (839kB)
[img] Text
13. NIM. 8126122039 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text
14. NIM. 8126122039 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan hasil belajar Solfegio siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning dan strategi pembelajaran Ekspositori, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah, 3) mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal dalam mempengaruhi hasil belajar Solfegio siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI PMIA yang berjumlah 251 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan uji Bartlett dan uji lanjut menggunakan uji Scheffe. Temuan penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar Solfegio siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Solfegio siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori dengan Fhitung > Ftabel (16,29 > 3,99), 2) hasil belajar Solfegio siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah dengan Fhitung > Ftabel (10,23 > 3,99), 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal dalam mempengaruhi hasil belajar Solfegio siswa dengan Fhitung > Ftabel (17,47 > 3,99). Hasil uji Scheffe untuk hasil belajar Solfegio siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori teruji kebenarannya. Untuk uji Scheffe terhadap hasil belajar Solfegio siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah yang juga dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning teruji kebenarannya

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi19611271987031001
Thesis advisorMursid, R196607111991031003
Call Number: 370.114 Sim p
Keywords: Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Musikal, Hasil Belajar Solfegio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33577

Actions (login required)

View Item View Item