PENERAPAN MODIFIKASI ALAT DAN PENDEKATAN BERMAIN DALAM MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS XI MIA 2 SMA DHARMA PANCASILA KOTA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

GEA, EDUARD (2019) PENERAPAN MODIFIKASI ALAT DAN PENDEKATAN BERMAIN DALAM MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS XI MIA 2 SMA DHARMA PANCASILA KOTA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6143111026 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 6143111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6143111026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6143111026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6143111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6143111026 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6143111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6143111026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6143111026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6143111026 BIBLI0GRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar Lempar lembing melalui penerapan modifikasi alat dan pendekatan bermain pada siswa/i kelas XI MIA 2 SMA Dharma Pancasila Kota Medan tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharma Pancasila Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 33 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan penerapan modifikasi alat dan pendekatan bermain. Setelah menerapkan pendekatan bermain maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik Lempar Lembing. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Dhrama Pancasila Kota Medan. Dari 33 siswa terdapat 16 siswa (48%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil dari siklus I, 27 (81,82%) siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Disiklus II terdapat 29 (87,88%) siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penerapan modifkasi alat dan pendekatan bermain dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Lempar Lembing pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Dharma Pancasila Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNugraha, Tarsyad196504141990031001
Call Number: SK-2019 PJKR 051
Keywords: Lempar Lembing, Modifikasi dan Pendekatan Bermain
Subjects: M Music and Books on Music > MT Instruction and study
M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT170 Instrumental techniques
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 18 Mar 2019 09:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33575

Actions (login required)

View Item View Item