PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Harahap, Ellyana Sari (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166172019 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166172019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166172019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166172019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166172019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166172019 TABLES.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166172019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166172019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8166172019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166172019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematika siswa melalui strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan mengambil sampel dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes KAM dan tes (pretes dan postes) dengan indikator dua kemampuan sekaligus yaitu kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematika siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi serta koefisien reabilitas tinggi yaitu 0,83 pada kemampuan berpikir kreatif dan 0,77 pada kemampuan matematika. Data dianalisis dengan uji ANAKOVA dan ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAKOVA dan ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung 69.18 lebih besar dari F tabel 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran REACT yaitu 8,297 lebih besar dari pembelajaran konvensional yaitu 6,192 (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung 74.57 lebih besar dari F tabel 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran REACT yaitu 53.50 lebih besar dari pembelajaran konvensional yaitu 35,14 (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif Siswa (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyafari, 195409291989031001
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 510.071 2 Har p
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Komunikasi Matematis, Strategi REACT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC71 Education and the state
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33567

Actions (login required)

View Item View Item