ANALISIS KEMAMPUAN PROSES SAINS, SIKAP ILMIAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA DI KABUPATEN PADANG LAWAS PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MELALUI PRAKTIKUM

Pulungan, Syarifah Husna (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PROSES SAINS, SIKAP ILMIAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA DI KABUPATEN PADANG LAWAS PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MELALUI PRAKTIKUM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.8156173018 COVER .pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.8156173018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.8156173018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.8156173018 PREFACE .pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.8156173018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.8156173018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.8156173018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.8156173018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.8156173018 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.8156173018 CHAPTER V .pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.8156173018 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan proses sains, sikap ilmiah, berpikir kritis siswa berdasarkan indikator pada materi Sistem Pencernaan di kelas XI IPA SMA di Kabupaten Padang Lawas .penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 126 orang. Kemampuan proses sains siswa diperoleh dengan menggunakan tes dalam bentuk uraian, sikap ilmiah dengan angket, sedangkan berpikir kritis diperoleh menggunakan tes dalam bentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan proses sains siswa SMA Kabupaten Padang Lawas tergolong sedang (77). Berdasarkan indikator kemampuan proses sains adalah baik untuk observasi (80), interprestasi data (75), berhipotesis (74), merencanakan percobaan (83), menerapkan konsep (74), berkomunikasi (76), mengelompokkan (78), menafsirkan (81), mengajukan pertanyaan (68). Sikap ilmiah siswa SMA Kabupaten Padang Lawas tergolong sedang (75). Berdasarkan indikator sikap ingin tahu (73), sikap luwes (78), sikap kritis (76), sikap jujur (74), sikap ketelitian (74). Berpikir kritis siswa SMA Kabupaten Padang Lawas tergolong sedang (69). Berdasarkan indikator menghubungkan (69). Membandingkan dan kontras (69). Kelompok dan klasifikasi (70). Pengurutan (68). Memprioritaskan (68). Menganalisis (68). Mendeteksi bias (69). Mengevaluasi (69). Membuat kesimpulan (70). Disimpulkan bahwa kemampuan proses sains, sikap ilmiah, dan berpikir kritis siswa walaupun tergolong baik tetapi masih perlu peningkatan upaya untuk hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRestuati, Martina196303211988032002
Thesis advisorSudibyo, Mufti196008161988031005
Call Number: 570 Pul a
Keywords: Kemampuan Proses sains, Sikap Ilmiah, Berpikir Kritis, Sistem Pencernaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QP Physiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Mar 2019 09:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33561

Actions (login required)

View Item View Item