PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT DAN BLENDED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018

PASARIBU, RIBKA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT DAN BLENDED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133111046 COVER.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133111046 LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133111046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133111046 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133111046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133111046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133111046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133111046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133111046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4133111046 BAB I.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133111046 BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4133111046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dan Blended Learning pada siswa SMA Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan semester II T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 10 kelas paralel. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen I yang telah diajarkan materi trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen II yang telah diajarkan materi trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Blended Learning dimana masing-masing jumlah sampel 32 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang telah divalidasi oleh tim ahli. Dari hasil analisis data pretest disimpulkan bahwa kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata posttest pada kelas TGT adalah 89 dengan nilai terendah 76 dan nilai tertinggi 84. Nilai rata-rata posttest pada kelas Blended Learning adalah 78,81 dengan nilai terendah 66 dan nilai tertinggi 94. Dari uji hipotesis data posttest pada kedua sampel diperoleh t hitung> t tabel( 7,3238 > 1,66667) artinya bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManurung, Nurliani196203051987032003
Call Number: SK-2018 MAT 104
Keywords: HASIL BELAJAR, TEAM GAMES TOURNAMENT, BLENDED LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 15:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33371

Actions (login required)

View Item View Item