PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018

Tambunan, Noverida Konstanta Madya (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 3. RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4141111030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 4141111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (990kB) | Preview
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (971kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan antara yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 15 kelas. Dari 15 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas XI MIA-5 sebanyak 41 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI MIA-4 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes uraian sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen I diperoleh rata-rata pretest 69,58 dan simpangan baku pretest 16,7 sedangkan nilai rata-rata posttest 80,12 dan simpangan baku posttest 11,3. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest 65,6 dan simpangan baku pretest 13,2 sedangkan nilai rata-rata posttest 74,86 dan simpangan baku posttest 13,3.
Dari analisis data posttest dengan menggunakan uji-t taraf diperoleh nilai thitung = 1,9444 dan ttabel = 1,6669 sehingga diperoleh thitung ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 098
Keywords: -
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 15:07
Last Modified: 27 Mar 2019 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33364

Actions (login required)

View Item
View Item