PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS X SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI T. A. 2017/2018

GINTING, MARIA MEILANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS X SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI T. A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4141111027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi T. A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas X-MIA 3 sebanyak 41 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual dan kelas X-MIA 1 sebanyak 41 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian sebanyak 4 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Uji Hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretes 60,6 dan standar deviasi 7,69 sedangkan nilai rata-rata postes 90 dan standar deviasi 8,23. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 61,7 dan standar deviasi 7,05 sedangkan nilai rata-rata postes 79 dan standar deviasi 7,67 Dari analisis data postes dengan menggunakan uji t satu pihak taraf diperoleh thitung > ttabel = 6,321 > 1,667 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi T. A. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSamosir, Katrina196308281989032003
Call Number: SK-2018 MAT 094
Keywords: KOOPERATIF TIPE STAD; PENDEKATAN KONTEKSTUAL; KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 14:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33360

Actions (login required)

View Item View Item