KORELASI KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

HARIANJA, ROSELOVITA (2018) KORELASI KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 2133111066 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2133111066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2133111066 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2133111066 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2133111066 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2133111066 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2133111066 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2133111066 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2133111066 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133111066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi Kemampuan Membedakan Fakta dan Opini terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIPA4 SMA Negeri 12 Medan yang berjumlah 34 siswa. Untuk menjaring data dalam penelitian ini digunakan tes bentuk penugasan pilihan berganda, yaitu tes kemampuan membedakan fakta dan opini kemudian tes essay untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi. Dalam penelitian rumus yang digunakan untuk mengetahui korelasi kemampuan membedakan fakta dan opini terhadap kemampuan menulis teks eksposisi adalah rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan memedakan fakta dan opini siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan berkategori baik. Hal ini dapat dilihat dengan mean variabel X sebesar 74 dan standard deviasi sebesar 11,34. Kemampuan menulisteks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan berkategori baik. Hal ini dapat dilihat dengan mean variabel Y 82,41 standard deviasi 7,15. Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membedakan fakta dan opini terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Koefisien korelasi antara kemampuan membedakan fakta dan opini terhadap kemampuan menulis teks eksposisi adalah sebesar 1,053. Kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi akan lebih baik jika dibarengi dengan kemampuan membedakan fakta dan opini yang baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimaremare, Rumasi195603151984032006
UNSPECIFIEDLUBIS, FITRIANI1977083120086122001
Call Number: SK-2018 IND 083
Keywords: Membedakan Fakta dan Opini, Menulis, Teks Eksposisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 14:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33356

Actions (login required)

View Item View Item