PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

NURFITRI, DWI (2018) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4111131004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4111131004 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4111131004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4111131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4111131004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4111131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4111131004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4111131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4111131004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4111131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4111131004 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4111131004 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4111131004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4111131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4111131004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4111131004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4111131004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4111131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4111131004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4111131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 4111131004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 4111131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan M3PK lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan konvensional pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sicanggang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Satu kelas dibelajarkan dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) ; sedangkan kelas lainnya dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar tersebut dari masing-masing kelas diukur dengan instrumen tes hasil belajar bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item, yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik t. Data yang diperoleh : rata-rata hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 78,375 dan rata-rata hasil belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran M3PK adalah sebesar 82,875. Berdasarkan analisis data dengan teknik statistik t tersebut pada tingkat signifikan 0,05% dapat dinyatakan bahwa Hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan M3PK lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan konvensional pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 036
Keywords: Hasil Belajar, M3PK, Hidrokarbon
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 11:03
Last Modified: 18 Mar 2019 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33242

Actions (login required)

View Item
View Item