PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL)

SITUMORANG, ERO GUSNARI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. 5133331029 COVER.pdf]
Preview
Text
01. 5133331029 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 02. 5133331029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. 5133331029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03. 5133331029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. 5133331029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 04. 5133331029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. 5133331029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 05. 5133331029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. 5133331029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 06. 5133331029 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. 5133331029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 07. 5133331029 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. 5133331029 TABLES.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 08. 5133331029 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
08. 5133331029 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 09. 5133331029 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
09. 5133331029 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of 13. 5133331029 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. 5133331029 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 14. 5133331029 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 5133331029 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa yang diajar dengan Jobsheet Terpadu dan Jobsheet Praktikum di kelas X TIPTL, (2) mengetahui pengaruh hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa yang diajar dengan Jobsheet Terpadu dan Jobsheet Praktikum kelas X TIPTL, (3) mengetahui apakah hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa yang diajar dengan Jobsheet Terpadu lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan Jobsheet Praktikum di kelas X TIPTL SMK Sinar Husni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Sinar Husni yang berjumlah 252 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan penilaian kemampuan psikomotorik dan penilaian kemampuan kognitif hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penilaian kemampuan psikomotorik menggunakan uji chi kuadrat dan penilaian kognitif menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar penilaian kemampuan psikomotorik pada kompetensi pekerjaan dasar elektromekanik di kelas Jobsheet Terpadu (menggunakan Jobsheet Terpadu) diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,13 dan standar deviasi 5,0 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 52,77%. Hasil x2 hitung diperoleh nilai x2 hitung > x2 tabel, yang artinya bahwa ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar penilaian kemampuan psikomotorik pekerjaan dasar elektromekanik siswa kelas X TIPTL yang diajar dengan menggunakan Jobsheet Terpadu tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Jobsheet Praktikum Sedangkan kelas Jobsheet Praktikum (menggunakan Jobsheet Praktikum) diperoleh nilai rata-rata 91,41 dan standar deviasi 5,15 dengan tingkat kecenderungan nilai sangat rendah sebesar 22,22 %. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar penilaian kemampuan kognitif pada kompetensi pekerjaan dasar elektromekanik di kelas Jobsheet Terpadu (menggunakan Jobsheet Terpadu) diperoleh nilai rata-rata sebesar 80 dan standar deviasi 6,27 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 19,44%. Sedangkan kelas Jobsheet Praktikum (menggunakan Jobsheet Praktikum) diperoleh nilai rata-rata 72,44 dan standar deviasi 7,26 dengan tingkat kecenderungan nilai sangat rendah sebesar 11,11 % dan hipotesis yang menyatakan hasil belajar penilaian kemampuan kognitif pekerjaan dasar elektromekanik siswa kelas X TIPTL yang diajar dengan menggunakan Jobsheet Terpadu lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Jobsheet Praktikum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 039
Keywords: PENILAIAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK, PENILAIAN KEMAMPUAN KOGNITIF, JOBSHEET TERPADU, JOBSHEET PRAKTIKUM, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 10:49
Last Modified: 18 Mar 2019 04:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33230

Actions (login required)

View Item
View Item