SITUMORANG, ERO GUSNARI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL). Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 5133331029 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
02. 5133331029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03. 5133331029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
04. 5133331029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
05. 5133331029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
06. 5133331029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
07. 5133331029 TABLES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
08. 5133331029 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
09. 5133331029 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
13. 5133331029 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. 5133331029 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa yang diajar dengan Jobsheet Terpadu dan Jobsheet Praktikum di kelas X TIPTL, (2) mengetahui pengaruh hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa yang diajar dengan Jobsheet Terpadu dan Jobsheet Praktikum kelas X TIPTL, (3) mengetahui apakah hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa yang diajar dengan Jobsheet Terpadu lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan Jobsheet Praktikum di kelas X TIPTL SMK Sinar Husni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Sinar Husni yang berjumlah 252 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan penilaian kemampuan psikomotorik dan penilaian kemampuan kognitif hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penilaian kemampuan psikomotorik menggunakan uji chi kuadrat dan penilaian kognitif menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar penilaian kemampuan psikomotorik pada kompetensi pekerjaan dasar elektromekanik di kelas Jobsheet Terpadu (menggunakan Jobsheet Terpadu) diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,13 dan standar deviasi 5,0 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 52,77%. Hasil x2 hitung diperoleh nilai x2 hitung > x2 tabel, yang artinya bahwa ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar penilaian kemampuan psikomotorik pekerjaan dasar elektromekanik siswa kelas X TIPTL yang diajar dengan menggunakan Jobsheet Terpadu tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Jobsheet Praktikum Sedangkan kelas Jobsheet Praktikum (menggunakan Jobsheet Praktikum) diperoleh nilai rata-rata 91,41 dan standar deviasi 5,15 dengan tingkat kecenderungan nilai sangat rendah sebesar 22,22 %. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar penilaian kemampuan kognitif pada kompetensi pekerjaan dasar elektromekanik di kelas Jobsheet Terpadu (menggunakan Jobsheet Terpadu) diperoleh nilai rata-rata sebesar 80 dan standar deviasi 6,27 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 19,44%. Sedangkan kelas Jobsheet Praktikum (menggunakan Jobsheet Praktikum) diperoleh nilai rata-rata 72,44 dan standar deviasi 7,26 dengan tingkat kecenderungan nilai sangat rendah sebesar 11,11 % dan hipotesis yang menyatakan hasil belajar penilaian kemampuan kognitif pekerjaan dasar elektromekanik siswa kelas X TIPTL yang diajar dengan menggunakan Jobsheet Terpadu lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Jobsheet Praktikum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 039 |
Keywords: | PENILAIAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK, PENILAIAN KEMAMPUAN KOGNITIF, JOBSHEET TERPADU, JOBSHEET PRAKTIKUM, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:49 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33230 |