PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) UNTUK PEMBELAJARAN TEKS RESENSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BINJAI

Fatmaira, Zira (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) UNTUK PEMBELAJARAN TEKS RESENSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8166191021 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8166191021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8166191021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8166191021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8166191021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8166191021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8166191021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8166191021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8166191021 BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8166191021 BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8166191021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS berupa tes disusun berdasarkan kebutuhan siswa pada kurikul 2013. Tujuan penelitin ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis HOTS yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R and D) dengan model pengembangan Brog and Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket lembar validasi, tes, dan angket respon siswa.Untuk teknik analisis data digunakan analisis validasi dari pakar, analisis kepraktisan melalui angket praktisi (guru), analisis keefektifan melalui tes serta angkat respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi materi yang terdiri dari isi, penyajian dan bahasa sebesar 84.86% pada kategori sangat baik, validasi evaluasi sebesar 92.21% pada kategori sangat baik, hasil tanggapan guru sebesar 82% pada kategori sangat baik dan kemampuan siswa dalam memahami soal-soal kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebesar 40.829 pada kategori sedang/cukup (40,829) dengan tingkat respon siswa sebesar 86% dalam kategori sangat praktis. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi sudah terdapat dalam instrumen penilaian sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dan alternatif bagi guru dalam pemilihan instrumen penilaian pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mendukung proses belajar mengajar

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Thesis advisorAdisaputera, Abdulrahman196710011994021001
Call Number: 410.071 2 Fat p
Keywords: Instrumen Penilaian, HOTS, Teks Resensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33139

Actions (login required)

View Item View Item