IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL SCIENTIFIC INQUIRY TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XI PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 13 MEDAN T.A 2018/2019

LIANITA, WINDI (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL SCIENTIFIC INQUIRY TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XI PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 13 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143121065 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143121065 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143121065 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143121065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143121065 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143121065 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143121065 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143121065 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143121065 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143121065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143121065 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143121065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143121065 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143121065 TABLES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143121065 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143121065 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143121065 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143121065 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143121065 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143121065 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143121065 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143121065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model scientific inquiry dengan terintegrasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI semester I SMA Negeri 13 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest -postest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI MIA- 6 dan kelas kontrol XI MIA-7 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 10 items dan lembar observasi untuk mengukur sikap ilmiah/karakter aktivitas siswa. Hasil nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 13,00 dan kelas control sebesar 14.17 dan nilai postest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 79,13 dan kelas kontrol 77,17. Berdasarkan Analisis uji t dengan bantuan program SPSS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan menggunakan model scientific inquiry dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hasil observasi nilai karakter menunjukkan peningkatan dengan rata-rata hasil karakter sebesar 72,89 yang tergolong baik. Hasil aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan sebesar 76,38 pada kelas eksperimen dibandingkan dengan aktivitas belajar kelas kontrol yaitu sebesar 67,78

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 190
Keywords: model scientific inquiry, hasil belajar, karakter, aktivitas belajar, fluida statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 13:53
Last Modified: 26 Mar 2019 07:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32942

Actions (login required)

View Item
View Item