PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) LAYANAN REGISTRASI DAN DATA DI BIRO AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Sinaga, Sara Hikmayanti (2018) PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) LAYANAN REGISTRASI DAN DATA DI BIRO AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 8166131008 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 8166131008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM NIM 8166131008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 8166131008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 8166131008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM NIM 8166131008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM NIM 8166131008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 8166131008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 8166131008 BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 8166131008 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 8166131008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi komponen SOP layanan registrasi dan data di Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNIMED; 2) mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang relevan dengan SOP layanan registrasi dan data di Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNIMED; 3) mengembangkan SOP yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pelayanan registrasi dan data di Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNIMED. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan tahapan: 1) mengidentifikasi potensi dan masalah, 2) mengumpulkan data, 3) mendesain SOP, 4) validasi ahli, 5) Revisi SOP. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan mengambil sampel para pejabat dan staf bidang registrasi dan data di Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Medan. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis dengan tahapan: 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Ada dua SOP yang dikembangkan yaitu SOP Registrasi Mahasiswa Baru Jalur Bidik Misi Universitas Negeri Medan dan SOP Registrasi Mahasiswa Baru Jalur Non Bidik Misi Universitas Negeri Medan. Adapun komponen-komponen yang terdapat dalam SOP layanan registrasi dan data Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNIMED : a) Identitas SOP; b) Dasar Hukum; c) Keterkaitan dengan SOP lain; d) Kualifikasi Pelaksana; e) Peralatan/Perlengkapan; f) Peringatan; g) Pencatatan dan Pendataan; h) Tujuan; i) Prosedur; j) Kendali Mutu; k) Referensi dan l) Lampiran, 2) Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dalam SOP yang dikembangkan adalah : a) dapat dipercaya; b) penuh hormat; c) bertanggungjawab; d) keadian; e) peduli; dan f) warganegara, 3) Mengembangkan SOP yang terintegrasi dengan nilai karakter, dengan menambahkan nilai karakter menjadi salah satu komponen yang membangun SOP dan menambahkan nilai SOP dalam prosedur pelaksanaan SOP.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDarwin, 196412311991031042
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Call Number: 371.2 Sin p
Keywords: SOP, Nilai Karakter, layanan registrasi dan data
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32925

Actions (login required)

View Item View Item