PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTHORWARE TERHADAP HASIL BELAJAR TATA HIDANG DI SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN

SILALAHI, EDITA LOISA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTHORWARE TERHADAP HASIL BELAJAR TATA HIDANG DI SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133142007 COVER.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133142007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133142007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133142007 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133142007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5133142007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5133142007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Authorware pada mata pelajaran Tata Hidang, 2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Authorware pada mata pelajaran Tata Hidang, 3)Pengaruh penggunaan media pembelajaran Authorware terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Hidang. Desain penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Pariwisata Imelda Medan. Waktu penelitian dilaksanakan pada Mei - Juni 2018. Penentuan sampel kelas dilakukan dengan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa (30 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas menggunakan rumus Chi Kuadrat (x^2),uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Authorware pada pembelajaran Tata Hidang termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 86,67 persen. Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Authorware pada pembelajaran Tata Hidang termasuk kategori cenderung cukup sebesar 53,12 persen. Hasil uji normalitas dikelas yang menggunakan media Authorware diperoleh 〖x^2〗_hitung<〖x^2〗_(tabel )= (8,15< 11,07), sedangkan uji normalitas di kelas yang tidak menggunakan media Authorware 〖x^2〗_hitung<〖x^2〗_(tabel )=(8,86< 11,07) adalah berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh F_hitung<F_tabel = (1,95 < 1,97). Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai t_(hitung )>t_tabel= (4,814>1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan media pembelajaran Authorware terhadap hasil belajar Tata Hidang di kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan. Artinya media pembelajaran Authorware berpengaruh terhadap hasil belajar Tata Hidang di SMK Pariwisata Imelda Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSutanti, Siti197706272002122002
Call Number: SK-2019 BOGA 004
Keywords: Media Pembelajaran Authorware, Hasil Belajar Tata Hidang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 10:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32798

Actions (login required)

View Item View Item