HUBUNGAN PENGAWASAN INTERNAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA SEKOLAH DI SMP NEGERI KOTA MEDAN

Simanullang, Taruli (2009) HUBUNGAN PENGAWASAN INTERNAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA SEKOLAH DI SMP NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188130014 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188130014 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188130014 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188130014 Abstrak.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188130014 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188130014 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188130014 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188130014 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5-081188130014 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188130014 Bab V.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188130014 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188130014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengungkap permasalahan yakni (1) Seberapa besar hubungan pengawasan internal kepala sekolah terhadap kinerja sekolah? (2) Seberapa besar hubungan kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kinerja sekolah? (3) Seberapa besar hubungan pengawasan internal dan kecerdasan emosional kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja sekolah?Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengawasan internal dan kecerdasan emosional kepala sekolah di SMP Negeri Kota Medan. Jumlah populasi sebanyak 2121 orang dan sampel penelitian sebanyak 74 orang yang diambil secara stratifikasi random sampling. Jenis instrument yang digunakan adalah angket. Untuk menguji tingkat kesahihan istrunien terlebih dahulu dilakukan ujicoba, dengan jumlah responden 20 orang, dan semuanya valid dan tingkat validitasnya tinggi.Dalam analisis data, dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pengawasan internal dan kecerdasan emosional kepala sekolah serta kinerja sekolah tergolong kedalam kategori cukup. Terdapat hubungan positif yang signifikan pengawasan internal kepala sekolah dengan kinerja sekolah dengan nilai koefisien korelasinya 0.60. Terdapat hubungan positif yang signifikan kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kinerja sekolah dengan nilai koefisien korelasinya 0.57. Terdapat hubungan positif yang signifikan pengawasan internal dan kecerdasan emosional kepala sekolah secara bersama¬sama dengan kinerja sekolah di SMP Negeri Kota Medan, dengan nilai koefisien korelasinya 0.75 pada taraf signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan kinerja sekolah perlu dilakukan intensitas pengawasan internal kepala sekolah yang tinggi dan didukung kecerdasan emosional kepala sekolah yang tinggi pula. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi selurub steakholder bidang pendidikan, khususnya bagi kepala sekolah, guru maupun Dinas Pendidikan Kota Medan selaku instansi pemerintah daerah Kota Medan yang membidangi urusan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 068 Sim h
Keywords: Pengawasan internal; Kecerdasan emosional; Kepala sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 May 2016 19:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item
View Item