PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PROSES BIOLOGI SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIA SMA N 19 MEDAN T.P. 2018/2019

ADIYANSYA, JUNIUS (2018) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PROSES BIOLOGI SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIA SMA N 19 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4143341019 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4143341019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4143341019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4143341019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4143341019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4143341019 Tables.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4143341019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4143341019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4143341019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4143341019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4143341019 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar pengetahuan proses biologi siswa pada materi sel tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan media animasi (bergerak dan bersuara) dan siswa kelas XI MIA 2 yang diberi perlakuan media grafis. Perolehan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 81 untuk hasil belajar, kelas kontrol sebesar 70,25 untuk hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas adalah uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel(0,01) (5,4 > 2,39) untuk hasil belajar pada taraf signifikasi 1%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan menggunakan media animasi terhadap hasil belajar pengetahuan proses biologi siswa pada konsep materi sel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManurung, Binari196404041989031006
Call Number: SK-2019 BIO 055
Keywords: Media pembelajaran, media animasi, pengetahuan prosesbiologi, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32763

Actions (login required)

View Item View Item