PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019

HARTATI, PUJI (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143341038 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143341038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143341038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4143341038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143341038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143341038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143341038 TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4143341038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143341038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143341038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143341038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains dasar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeru 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dimana populasinyaadalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Prcut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Pengambilan sampel secara acak (random sampling) dimana masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25 dan essay yang berjumlah 10 yang digunakan sebagai pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas pembelajaran berbasis masalah sebesar 79,6 lebih tinggi dibanding dengan kelas pembelajaran konvensional sebesar 42,8. Rata-rata keterampilan proses sains dasar siswa didapatkan untuk kelas pembelajaran berbasis masalah sebesar 80,37 lebih tinggi dibanding dengan kelas pembelajaran konvensional sebesar 79,9. Uji persyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil belajar dan keterampilan proses sains dasar siswa berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Pengujian hipotesis dan hasil belajar yang dilakukan dengan uji statistik t student menghasilkan thitung = 4,87 dan ttabel dengan dk =2,44 dan taraf signifikan< 0,05. Berdasarkan kriteria H0 diterima jika – t1 – ½ α < t < t1 – ½ α, maka penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains dasar siswa pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Dalam hal ini hasil belajar dan keterampilan proses sains dasar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah sangat signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar dan keterampilan proses sains dasar siswa yang dibelajarkan dengan konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManurung, Binari196404041989031006
Call Number: SK-2019 BIO 035
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Konvensional, Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 11:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32664

Actions (login required)

View Item View Item