PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) MAHASISWA PGSD S1 FIP UNIMED

Singarimbun, Piti (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) MAHASISWA PGSD S1 FIP UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-071188810013 Pengantar.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-071188810013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-071188810013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-071188810013 Bab I.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-071188810013 Bab V.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-071188810013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya penguasaan materi mata kuliah PKnpada pokok bahasan Hak Azazi Manusia mahasiswa yang disebabkan oleh beberapafaktor: (1) pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh dosen selama ini monoton ataukurang relevan dengan keadaan mahasiswa, (2) nilai mahasiswa pada matakuliah PKnmasih rendah.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menekankan padaempat fokus penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A Reguler PGSD S1 FIP Unimedyang berjumlah 33 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatankemampuan penguasaan materi matakuliah PKn dengan menggunakan strategikooperatif tipe STAD.Hasil analisis data pada siklus I adalah rata-rata skor kemampuan penguasaanmateri Pl(n pokok bahasan HAM oleh mahasiswa yaitu 75.3% sedangkan skor rata-ratakelas adalah 48.5%. Sehingga pembelajaran perlu dilanjutkan kesiklus II. Sedangkanbasil analisis data pada siklus II menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan yaitu93,9% sedangkan skor rata-rata kelas adalah 88.6%.Sehingga proses pembelajarandinyatakan tuntas secara individu dan secara klasikal pada siklus II ini. Berdasarkan hasilpenelitian ini disarankan kepada dosen lain untuk menggunakan strategi kooperatif tipeSTAD dalam setiap proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHajar, Ibnu196305201987031004
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Call Number: 378.17 Sin p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Pancasila; Kewarganegaraan; Hasil Belajar; Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3264

Actions (login required)

View Item View Item