PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 3 BINJAI T.P 2018/2019

CIBRO, MASDA SARTIKA (2019) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 3 BINJAI T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4143321027 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4143321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4143321027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4143321027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4143321027 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 143321027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4143321027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4143321027 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4143321027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4143321027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4143321027 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran berbasis Inquiry di kelas XI semester ganjil SMA N 3 Binjai. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest -postest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai dan sampel penelitian diambil dengan cluster random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis inquiry dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 34 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berpikir kritis yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 5 items. Hasil nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 36 dan kelas kontrol sebesar 37,45 dan nilai postest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 84,00 dan kelas kontrol dengan nilai sebesar 55,94. Berdasarkan Analisis uji t dengan bantuan program excel menunjukkan bahwa Lhitung > Ltabel yaitu (12,462 > 1,669) maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan kemampuan berpikir kritis Siswa dengan Pembelajaran Fisika Berbasis Inquiry Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Di Kelas XI Semester Ganjil Di SMA N 3 Binjai T.P 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, Sondang R195605021981112001
Call Number: SK-2019 FIS 040
Keywords: Model Berbasis Inquiry; Kemampuan Berpikir Kritis; Fluida Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 09:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32579

Actions (login required)

View Item View Item