PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2018/2019

ANGGRIANI, SELVIA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4143321038 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4143321038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4143321038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4143321038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4143321038 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4143321038 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim 4143321038 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4143321038 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4143321038 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4143321038 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4143321038 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET terhadap hasil belajar pada materi fluida dinamis di kelas XI semester I SMA swasta Dharmawangsa Medan T.A 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa dengan desain two group pretest-postest. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI MIPA 8 dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET dan kelas XI MIPA 9 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 28,83 dengan standar deviasi 81,63 dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 76,5 dengan standar deviasi 96,005. Uji normalitas data Lhitung < Ltabel (0,128 < 0,161) artinya data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas Fhitung < Ftabel (099 < 1,873). Setelah itu dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung<ttabel (0,715 < 1,84) yang artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian setelah diberi perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran quantum teaching pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 76,5 dan kontrol 42,17. Kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai antara nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji t diperoleh thitung =14,48 sedangkan ttabel = 0,15 karena thitung > ttabel maka ada perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester I di SMA swasta Dharmawangsa Medan T.P 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyuni, IdaNIDN0018016402
Call Number: SK-2019 FIS 039
Keywords: Quantum Teaching; Media PheT; Hasil Belajar; Fluida Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 09:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32578

Actions (login required)

View Item View Item