PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TORTOR NAPOSO NAULI BULUNG MELALUI STRATEGI TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIBUHUAN KABUPATEN PADANG LAWAS

HSB, SUHENI SAFITRI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TORTOR NAPOSO NAULI BULUNG MELALUI STRATEGI TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIBUHUAN KABUPATEN PADANG LAWAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2143140038 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2143140038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2143140038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2143140038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2143140038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2143140038 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2143140038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2143140038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2143140038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2143140038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran Tortor Naposo Nauli Bulung dengan menggunakan strategi tekstual dan kontekstual di Madrasah Aliyah Negeri Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Strategi pembelajaran oleh Rusman sebagai teori utama, untuk teori pendukung digunakan tekstual dari Nurwani dan kontekstual dari Nurhadi. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan strategi terkstual dan kontekstual pada pembelajaran Tortor Naposo Nauli Bulung dan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu tes kemampuan kognitif dalam bentuk essay test dengan mengguanakan ranah kognitif C1,C2,C3, dan C4. Tes kemampuan psikomotorik yang terdiri dari tiga aspek penilaian yaitu wiraga, wirasa, dan wirama dimana masing-masing aspek terdiri dari tiga komponen. Kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dilaukan strategi tekstual dan kontekstual adalah sama, dengan menggunakan pre test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 46,9 dan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 45,5. Setelah dilakukan post test, kemampuan siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakukan strategi tekstual dan kotekstual pada pembelajaran Tortor Naposo Nauli Bulung mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dikelas eksperimen sebesar 39,9 dari 46,9 sehingga mencapai ketuntasan 86,8 % dan untuk kelas kontrol sebesar 9,8 dari 45,5 sehingga menjadi 55,3%. Kemampuan psikomotorik siswa juga mengalami peningktan disetiap pertemuan, dimana pertemuan I mencapai 61,90%, pertemuan II mencapai 75,20% dan pertemuan III mencapai 86,92%. Hasil menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dengan menggunakan strategi tekstual dan kontekstual terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Tortor Naposo Nauli Bulung di Madrasah Aliyah Negeri Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Nurwani196606131997022001
Thesis advisor, Irwansyah196710102005011001
Call Number: SK-2018 TARI 025
Keywords: Tortor naposo nauli bulung, tekstual, kontekstual, kognitif, psikomotorik, konvensional
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 20 Feb 2019 11:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32026

Actions (login required)

View Item View Item