PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ETNOMATEMATIKA PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN

SITUNGKIR, YOHANA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ETNOMATEMATIKA PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4141111055 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4141111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4141111055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4141111055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4141111055 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141111055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4141111055 TABLES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4141111055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141111055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141111055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Etnomatematika pada Pendidikan Matematika Realistik yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peseta didik kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.A 2018/2019 dengan 12 orang peserta didik kelas VII-7 untuk uji coba kelompok kecil dan 31 orang peserta didik kelas VII-6 untuk uji coba lapangan. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Etnomatematika pada PMR ditujukan untuk materi bilangan bulat. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, hasil validasi LKPD Etnomatematika berdasarkan penilaian para ahli menunjukkan kriteria valid dengan skor rata-rata 4,04417 dari skor rata-rata maksimal 5. Kedua, LKPD Etnomatematika pada PMR dinyatakan efektif berdasarkan uji coba lapangan telah memenuhi kategori efektif ditinjau dari (1) Ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu 30 peserta didik dari 31 peserta didik (96,77%) dari jumlah peserta didik. Dengan demikian secara klasikal memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan. (2) ketercapaian indikator 1,2,3,4, dan 5 pada uji coba tercapai. Peningkatan kemampuan matematis juga dinyatakan dalam bentuk persentase gain sebesar 69% dengan kategori sedang. (3) Waktu pembelajaran yang tidak melebihi waktu yang dirancang dalam RPP. Ketiga, LKPD Etnomatematika pada PMR dinyatakan praktis apabila kategori penilaian respon siswa pada rentang serendahnya 2,01 sampai 3,00 atau dinilai baik. Pada uji coba kelompok kecil indikator kepraktisan pada respon peserta didik yaitu positif dengan sebanyak 7 orang peserta didik (58,33 %) yang merespon LKPD Etnomatematika dengan kategori sangat baik dan sebanyak 5 orang peserta didik (41,67 %) merespon dengan kategori baik. Sedangkan uji coba lapangan sebanyak 22 orang peserta didik (70,96 %) yang merespon LKPD Etnomatematika dengan kategori sangat baik dan sebanyak 9 orang peserta didik (29,04 %) merespon dengan kategori baik. Hal ini berarti bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Etnomatematika pada Pendidikan Matematika Realistik bersifat valid, efektif, dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHaris, Denny198009172005011001
Call Number: SK-2019 MAT 010
Keywords: LKPD, Etnomatematika, Pengembangan model ADDIE, PMR, Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 14:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32012

Actions (login required)

View Item View Item