PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL TRAINING WITHIN INDUSTRY TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 MEDAN

MALAU, HALOMOAN VANLICO (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL TRAINING WITHIN INDUSTRY TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133111017 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133111017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133111017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133111017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133111017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5133111017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5133111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5133111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Ukur Tanah yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Training Within Industry lebih tinggi dari pada hasil belajar Ilmu Ukur Tanah yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X KB 1 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X KB 2 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, kelas esksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Training Within Industry dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran Konvensional. Setelah data dianalisis, didapat nilai rata-rata kelas konvensional yaitu 79,72 dan untuk kelas Eksperimen didapat nilai rata-rata 87,14. Hasil uji Normalitas hasil belajar untuk kelas eksperimen L(hitung) < L(tabel) = 0.124 < 0.149 dan hasil belajar untuk kelas kontrol L(hitung) < L(tabel) = 0.143 < 0.149. Dari hasil data analisis uji Normalitas L(hitung) < L(tabel), artinya data yag telah dikumpulkan berdistribusi normal atau data yang diperoleh mewakili populasi, Hasil uji Homogenitas F hitung < F tabel = 1,829 < 1,90 (data homogen) berarti bahwa kelompok data yang di jadikan sampel pada penelitian ini memiliki karakteristik yang sama atau memilki varian (keragaman) yang tidak jauh berbeda. Hasil uji-t sampel independen rata-rata post-test pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 4,660 > 1,669) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Ilmu Ukur Tanah yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Training Within Industry lebih tinggi dari pada hasil belajar Ilmu ukur Tanah yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas X KB di SMK Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Parulian195703051984031001
Call Number: SK-2018 BAN 031
Keywords: Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah; Training Within Industry; Model Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2321 Industry
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 11:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31931

Actions (login required)

View Item View Item