PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEUANGAN DI KELAS XII SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2018/2019

TAMBUNAN, AGNES LOLYTA (2019) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEUANGAN DI KELAS XII SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7143341002_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143341002_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143341002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143341002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143341002_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143341002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143341002_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143341002_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143341002_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143341002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143341002_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143341002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143341002_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143341002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143341002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143341002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143341002_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143341002_BAB I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143341002_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143341002_BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143341002_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143341002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh keterampilan guru memberi penguatan terhadap prestasi belajar administrasi keuangan, 2) pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar administrasi keuangan, 3) pengaruh keterampilan guru memberi penguatan dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar administrasi keuangan siswa kelas XII ADM SMK Negeri 7 Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMK
Negeri 7 Medan dengan populasi sebanyak 201 siswa dan sampel sebanyak 67 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan guru memberi penguatan dan
efikasi diri berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar administrasi keuangan siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai administrasi keuangan siswa kelas XII ADM SMK Negeri 7 Medan T.A 2018/2019. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 22.0.
Variabel dalam penelitian ini adalah: 1) keterampilan guru memberi penguatan Keterampilan guru memberi penguatan merupakan cara guru memberi respon positif atau
stimulus kepada siswa agar siswa dapat meningkatkan atau mempertahankan perilaku belajarnya. Pemberian penguatan penting diberikan sebagai motivasi bagi siswa , 2) efikasi diri merupakan penilaian diri terhadap keyakinan atau kemampuan dirinya bahwa dia mampu mengatur, mengerjakan atau melaksanakan suatu tugas dan mengatasi kesulitan untuk mencapai kesuksesan, 3) prestasi belajar pada mata pelajaran administrasi keuangan adalah hasil yang telah dicapai oleh peserta didik setelah mempelajari mata pelajaran administrasi keuangan berupa proses belajar, yang dapat diukur dengan tes dimana hasilnya
dalam bentuk angka atau simbol yang dapat dilihat dari DKN. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 39,168 + 0,524 X1 + 0,185 X2 + e. Hasil uji-t diperoleh thitung = 4,773 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung = 2,068 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 30,287 dengan taraf
signifikan 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan guru memberi penguatan terhadap prestasi belajar administrasi keuangan, 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar administrasi keuangan, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan guru memberi penguatan dan efikasi diri terhadap prestasi belajar administrasi keuangan siswa XII ADM SMK Negeri 7 Medan T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ADP 023
Keywords: Keterampilan Guru Memberi Penguatan, Efikasi Diri, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 18 Feb 2019 10:18
Last Modified: 19 Jan 2023 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31768

Actions (login required)

View Item
View Item