PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI

Atikah, Nur (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156173030 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156173030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156173030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156173030 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156173030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156173030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156173030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156173030 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156173030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 81561713030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156173030 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran terhadap: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi; (2) Keterampilan proses sains; dan (3) Sikap ilmiah siswa pada materi sistem pernapasan manusia di SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik total sampling. Kelas XI-IA3 dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, XI-IA2 dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dan XI-IA1 dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains dalam bentuk essay serta angket sikap ilmiah. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat pada taraf signifikan ά = 0,05 dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan model pembelajaran terhadap: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing 78 ± 7,95 ( ̅ ± SD) berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi 71,67 ± 7,52 ( ̅ ± SD) (P = 0,002), dan berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran langung 73,07 ± 7,11 ( ̅ ± SD) (P = 0,013). (2) Keterampilan proses sains. Pada keterampilan proses sains siswa yang diajarkan model inkuiri terbimbing 70,93 ± 4,10 ( ̅ ± SD) berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi 67,57 ± 6,14 ( ̅ ± SD) (P = 0,029), dan berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran langung 66,5 ± 4,53 ( ̅ ± SD) (P = 0,003); dan (3) Sikap ilmiah. Pada sikap ilmiah siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing 116,83 ± 5,99 ( ̅ ± SD) berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi 111,47 ± 7,06 ( ̅ ± SD) (P = 0,016), dan berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung 112,07 ± 8,82 ( ̅ ± SD) (P = 0,038). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing ataupun inkuiri bebas termodifikasi pada materi sistem pernapasan manusia dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDjulia, Ely196607241991032012
Thesis advisorSilitonga, Melva196203291987032002
Call Number: 375.2 Ati p
Keywords: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Pembelajaran Langsung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Feb 2019 09:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31697

Actions (login required)

View Item View Item