PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP AMALIA MEDAN

Lubis, Isnayanti (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP AMALIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156192010 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156192010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156192010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156192010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156192010 FABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156192010 TABLES.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 8156192010 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156192010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156192010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156192010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156192010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penyusunan bahan ajar berbasis berpikir kritis pada pembelajaran menulis teks eksplanasi; (2) kelayakan bahan ajar berbasis berpikir kritis pada pembelajaran menulis teks eksplanasi; dan (3) keefektifan bahan ajar berbasis berpikir kritis pada pembelajaran menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sanjaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes mengenai materi teks eksplanasi. Subjek uji coba terdiri dari uji coba perorangan (3 siswa), uji coba kelompok kecil (9 siswa) dan uji coba skala besar (30 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi secara keseluruhannya mencapai rata-rata 85,20% pada kriteria sangat baik; (2) validasi ahli desain pembelajaran secara keseluruhannya mencapai rata-rata 84,58% pada kriteria sangat baik; (3) respon guru dengan rata-rata 89,84% pada kriteria sangat baik; (4) respon siswa terhadap uji coba perorangan dengan rata-rata 85,48% pada kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 90,42% pada kriteria sangat baik dan uji coba skala besar dengan rata-rata 93,76% pada kriteria sangat baik; (5) keefektifan bahan ajar ditunjukkan dari hasil belajar tes menulis tesk eksplanasi siswa sebelum menggunakan modul sebesar 66,5%, sedangkan hasil belajar tes menulis teks ekspalanasi siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 82,17%. Selisih yang diperoleh sebesar 15,67% dari sebelum ke sesudah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis berpikir kritis pada pembelajaran menulis teks eksplanasi layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Thesis advisorSaragih, Amrin195201021980121001
Call Number: 411 Lub p
Keywords: pengembangan, bahan ajar, teks eksplanasi, berbasis berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jan 2019 10:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31679

Actions (login required)

View Item View Item