PENGEMBANGAN MODUL TEKS DESKRIPSI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI I GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL

Wati, Syafrida (2018) PENGEMBANGAN MODUL TEKS DESKRIPSI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI I GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8146191024 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8146191024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8146191024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8146191024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8146191024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8146191024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8146191024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8146191024 BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM. 8146191024 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8146191024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses modul yang dikembangkan untuk teks deskripsi kelas X SMA Negeri I Gunung Meriah, mengetahui basil tes mcnulis tcks deskripsi, do.n mengetahui keefelctivan modul teks deskripsi. Penelitian ini menggunakan metode Re.search and Development (R&D). Metodc pcnclitian ini mcrujuk pada model Borg & Gall dengan scdikit peoyesuaian sesuai konteks penelitian. Jenis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) proses pcngembangan modul tahap pertama yaitu melakukan analisis masaJah dan kebutuhan, melakukan perencanaan bahan ajar, memvalidasi moduI kepada ahli matert dan ahli desain. Hasil validasi dari ahli materi menuojukkan bahwa kclayakan isi dengan rata-rata 95.44% pada kriteria sangat baik, kclayakan pcnyajian dengan rata-rata 93. 74% pada kriteria sangat balk, kelayalcan bahasa dengan rata-rata 93.33% pada kriteria sangat baik dan kelayakan buku dengan rata-rata 99.800/o pada kriteria sangat baik. Hasil persentase rata-rata dari keseluruhan sub komponen penilaian desain adalah 90.27% dengan kriteria "sanga1 baik". Persentasc rata-rata dari uji coba perorangan adalah 90.27%, uji coba kelompok kecil adalah 84.43%, clan uji kelompok lapangan terbatas edalah 84.43% dengan kriteria "sangat baik"; (2) basil belajar peserta didik pada tahap pretes diperoleh hasil be1ajar peserta didik kelas x yang berjumlah 30 orang dengan jumln.h 1991 dengan rata-rata 66.36% sedangkan pada tahap posies diperolch basil belajar dengan jumlah nilai 2289 dengan rata-rata 76.3%; (3) nilai rata-rata pada peserta didik yang menggunakan modul bcrbasis kontekstual lebih ringgi dengan rata-rata 76.3%% dibandingkan nilai rara-rata peserta didik sebelurn menggunakan bahan ajar berupa modul dengan rata-rata 66.36%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Call Number: 410.071 2 Wat p
Keywords: modul, teks deskripsi, berbasis kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jan 2019 09:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31676

Actions (login required)

View Item View Item