PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI BERBASIS PROSES UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Silaban, Wenni Rosadi (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI BERBASIS PROSES UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB-I.pdf - Published Version

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB-V.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar teks eksposisi berbasis proses untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks eksposisi berbasis proses yang akan digunakan sebagai bahan pembelajaran pada pengajaran menulis dalam Bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan di sekolah menengah atas negeri (SMA) pada tahun akademik 2017/2018. Materi pembelajaran dikembangkan dengan memperkaya topik teks eksposisi untuk memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh kurikulum nasional di Indonesia. Materi pembelajaran telah digunakan sebagai media kegiatan belajar mengajar di kelas eksperimen dan dibandingkan dengan buku biasa yang telah digunakan di kelas kontrol pada pengajaran Bahasa Indonesia. Materi pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan sangat bagus dan layak digunakan. Pelaksanaan pembelajaran di kelas telah mengubah gaya belajar siswa yang berpindah dari yang berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa. Materi yang dikembangkan ditemukan sangat layak sebagai bahan pembelajaran dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam menulis teks eksposisi. Prestasi siswa di kelas eksperimen (M = 86,04 ± 6,89) lebih tinggi daripada yang diperoleh di kelas kontrol (M = 78,60 ± 5,42). Keterampilan menulis Siswa juga meningkat. Fasilitas pembelajaran yang disediakan dalam materi ditemukan layak dan efektif untuk membimbing siswa meningkatkan kemampuan belajar mereka dalam menulis teks eksposisi berbasis proses dalam Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: 410.071 2 Sil p
Keywords: pengembangan, bahan ajar, teks eksposisi, berbasis proses.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jan 2019 09:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31675

Actions (login required)

View Item View Item