PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI BERBASIS PROSES UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Silaban, Wenni Rosadi (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI BERBASIS PROSES UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR BAGAN.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB-I.pdf]
Preview
Text
9. BAB-I.pdf - Published Version

Download (828kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB-V.pdf]
Preview
Text
13. BAB-V.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar teks eksposisi berbasis proses untuk siswa kelas X
Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
bahan ajar teks eksposisi berbasis proses yang akan digunakan sebagai bahan
pembelajaran pada pengajaran menulis dalam Bahasa Indonesia. Penelitian
dilakukan di sekolah menengah atas negeri (SMA) pada tahun akademik
2017/2018. Materi pembelajaran dikembangkan dengan memperkaya topik teks
eksposisi untuk memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh kurikulum nasional
di Indonesia.
Materi pembelajaran telah digunakan sebagai media kegiatan belajar mengajar di
kelas eksperimen dan dibandingkan dengan buku biasa yang telah digunakan di
kelas kontrol pada pengajaran Bahasa Indonesia. Materi pembelajaran yang
dikembangkan dikategorikan sangat bagus dan layak digunakan. Pelaksanaan
pembelajaran di kelas telah mengubah gaya belajar siswa yang berpindah dari
yang berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa. Materi yang
dikembangkan ditemukan sangat layak sebagai bahan pembelajaran dalam proses
belajar mengajar dan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam menulis teks
eksposisi. Prestasi siswa di kelas eksperimen (M = 86,04 ± 6,89) lebih tinggi
daripada yang diperoleh di kelas kontrol (M = 78,60 ± 5,42). Keterampilan
menulis Siswa juga meningkat. Fasilitas pembelajaran yang disediakan dalam
materi ditemukan layak dan efektif untuk membimbing siswa meningkatkan
kemampuan belajar mereka dalam menulis teks eksposisi berbasis proses dalam
Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.071 2 Sil p
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, teks eksposisi, berbasis proses.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jan 2019 09:34
Last Modified: 29 Jan 2019 09:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31675

Actions (login required)

View Item
View Item