MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 104198 PAYA BAKUNG HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

Aisyah, Siti (2018) MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 104198 PAYA BAKUNG HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8126182035 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8126182035 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156122053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156122053 KATA PRNGANTAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156122053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156122053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156122053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156122053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156122053 BAB I.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156122053 BAB V.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156122053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Keterampilan Proses Sains (KPS) dan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan KPS dan pengetahuan kognitif siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) Mengetahui peningkatan KPS dan pengetahuan kognitif siswa menggunakan pembelajaran ekspositori, (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap KPS lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori, (4) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif siswa lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas VI yang berasal dari dua kelas pada SD Negeri 104198 Paya Bakung Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Kelas pertama diberikan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas ke dua diberikan pembelajaran dengan Model Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari lembar observasi KPS dan lembar tes kemampuan kognitif. Tes kemampuan kognitif dalam bentuk essay yang telah di uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis menggunakan uji-t atau uji independen sampel uji-t dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan peningkatan KPS siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model konvensional. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kognitif siswa yang diberikan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional. (3) Terdapat peningkatan KPS setelah diberikan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing. Dengan gain ternormalisasi KPS kategori sedang. Terdapat peningkatan kemampuan kognitif setelah diberikan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing. Dengan gain ternormalisasi KPS kategori sedang (4) Terdapat perbedaan peningkatan KPS dan kemampuan kognitif siswa yang diberikan pembelajaran melalui model pembelajaran konvensional. Dengan gain ternormalisasi kategori rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahyar, 196004261985031003
Thesis advisorSumarno, 196303201991021001
Call Number: 370.114 Ais e
Keywords: Keterampilan Proses, Kemampuan Kognitif, Model Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jan 2019 09:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31669

Actions (login required)

View Item View Item