MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI PELUANG KELAS IX SMP CERDAS MURNI TEMBUNG T.A 2018/2019

HUSNA, MIFTAHUL (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI PELUANG KELAS IX SMP CERDAS MURNI TEMBUNG T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4142111041 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4142111041 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4142111041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4142111041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4142111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4142111041 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4142111041 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4142111041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4142111041 CHAPTER V555.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4142111041 REFERENCE333.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-1 SMP Cerdas Murni Tembung yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dilihat dari hasil analisis angket siswa yang meningkat dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dilihat dari hasil tes siswa yang meningkat baik tiap indikator maupun secara keseluruhan. Pada siklus I persentase skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 71% dengan kategori “sedang”, persentase kemampuan siswa dalam memahami masalah mencapai 73,13% dengan kategori “sedang”, persentase kemampuan siswa merencanakan strategi pemecahan masalah mencapai 68,82% dengan kategori “Sedang”, persentase kemampuan siswa menyelesaikan masalah mencapai 68,52% dengan kategori “rendah”, persentase kemampuan siswa dalam menafsirkan solusi/ mengecek kembali mencapai 51,56% dengan kategori “sangat rendah”. Serta persentase rata-rata skor pemecahan masalah secara keseluruhan mencapai 65,50% dengan kategori “sedang”. Sedangkan pada siklus II persentase skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 81% dengan kategori “tinggi”, persentase kemampuan siswa dalam memahami masalah mencapai 90% dengan kategori “sangat tinggi”, persentase kemampuan siswa merencanakan strategi pemecahan masalah siswa mencapai 79,80% dengan kategori “sedang”, persentase kemampuan siswa menyelesaikan masalah mencapai 74,85% dengan kategori “Sedang”, persentase kemampuan siswa dalam menafsirkan solusi/ mengecek kembali mencapai 70,69% dengan kategori “Sedang”. Sedangkan persentase rata-rata skor pemecahan masalah secara keseluruhan mencapai 78,66% dengan kategori “sedang”. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Tiur Malasari198002282006042003
Call Number: SK-2018 MAT 192
Keywords: Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Saintifik, Alat Peraga
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 10:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31409

Actions (login required)

View Item View Item