PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION

BENGI, RISMA SIMAH (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4141111042 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4141111042 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4141111042 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4141111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4141111042 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4141111042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4141111042 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4141111042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4141111042 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4141111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4141111042 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4141111042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4141111042 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4141111042 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4141111042 LIST OF DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4141111042 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 4141111042 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 4141111042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4141111042 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4141111042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4141111042 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4141111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan
kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran
kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan yang diajar dengan pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan dan sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 32 siswa dan kelas
VII-5 yang berjumlah 32 siswa. Kelas TPS dijadikan sebagai kelas eksperimen A
dan kelas STAD dijadikan sebagai kelas eksperimen B. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan posttest yang telah
divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen A, nilai rata-rata
pretest adalah 52,22 dan nilai rata-rata posttest adalah 81,17, sedangkan pada
kelas eksperimen B, nilai rata-rata pretest adalah 51,66 dan nilai rata-rata posttest
adalah 74,92. Terhadap data pretest dan posttest dilakukan uji normalitas untuk
mengetahui apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk
mengetahui apakah data homogen. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh
bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan
untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari
hasil uji hipotesis diperoleh = 8,999 = 1,999 sementara
kriterianya H0 jika ( ) ( ) ( ) (tidak
memenuhi) sehingga tolak H0 dan terima Ha. Hal ini berarti bahwa terdapat
perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran
kooperatif tipe TPS dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 197
Keywords: Komunikasi Matematis, TPS, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 10:23
Last Modified: 05 Dec 2018 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31398

Actions (login required)

View Item
View Item