PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Hasanah, Uswatun (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2143311060 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2143311060 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2143311060 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2143311060 PREFACE.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2143311060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2143311060 DAFTAR TABLES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2143311060 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2143311060 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2143311060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 154 orang. Sampel yang diambil adalah 30 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pre-test post-test group design. Nilai rata-rata yang diperoleh post-test sebesar 75,66 termasuk dalam kategori baik, sedangkan kelas pre-test memperoleh nilai rata-rata sebesar 62 termasuk dalam kategori cukup. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal.Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan. Hasil uji normalitas untuk data post-test ialah (0.138 < 0.1566), pre-test (0.161 < 0.1566). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks laporan hasil observasi adalah Fhitung < Ftabel (1,22 < 1,67) dan uji hipotesis thitung > ttabel (4,59 > 1.67). jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1Medan tahun pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: SK-2018 IND 166
Keywords: Pengaruh; menulis; teks laporan hasil observasi; model experiential learning
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31362

Actions (login required)

View Item View Item