MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BAGI SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN T.A. 2018/2019

Barus, Elvina Br. (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BAGI SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4141111012 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4141111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4141111012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4141111012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4141111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141111012 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4141111012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141111012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141111012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menerapkan pendekatan open-ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Medan T.A 2018/2019 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pendekatan open-ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I, melalui pemberian tes keampuan pemecahan masalah diperoleh 12 dari 36 siswa (33,33%) telah mencapai ketuntasan belajar (≥ 75) sedangkan 24 siswa lainnnya (66,67%) belum mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini belum memenuhi. Pada siklus I diperoleh hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada setiap aspek yang diteliti yaitu aspek memahami masalah skor rata-rata siswa 90,63 (sangat tinggi), aspek merencanakan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 75,69 (sedang), aspek menyelesaikan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 60,59 (rendah), dan aspek memeriksa kembali skor rata-rata siswa 54,86 (sangat rendah). Setelah pemberian tindakan pada siklus II, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh 36 dari 36 siswa (100%) telah berhasil mencapai nilai ketuntasan belajar (≥ 75). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 66,67%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Pada siklus II diperoleh hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada setiap aspek yang diteliti yaitu aspek memahami masalah skor rata-rata siswa 97,57 (sangat tinggi), aspek merencanakan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 91,32 (sangat tinggi), aspek menyelesaikan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 85,24 (tinggi), dan aspek memeriksa kembali skor rata-rata siswa 82,41 (tinggi). Nilai rata-rata tes pada siklus I yaitu 68,54 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,35. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel bagi siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Syafari195409291989031001
Call Number: SK-2018 MAT 204
Keywords: pemecahan masalah matematik, pendekatan open-ended, SPLDV
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 09:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31318

Actions (login required)

View Item View Item