PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PBM BERBASIS BUDAYA ACEH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA MTsS ULUMUDDIN

Akhyar, Muhammad (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PBM BERBASIS BUDAYA ACEH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA MTsS ULUMUDDIN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146171035 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146171053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146171035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146171053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146171053 TABLES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146171053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146171035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8146171035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146171053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Validitas perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 3) Efektivitas perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 4) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa MTsS Ulumuddin dengan menggunakan perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 5) Peningkatan self efficacy siswa MTsS Ulumuddin dengan menggunakan perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 6) Jenis kesalahan penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 MTsS Ulumuddin. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,6, buku siswa = 4,5, LAS = 4,6; 2) Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) Waktu pembelajaran; 4) Peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan PBM berbasis budaya Aceh yang dikembangkan; 5) Peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 6) Terdapat 5 jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorRajagukguk, W196110051986011001
Call Number: 510.071 2 Akh p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, PBM-BBA, Kemampuan Pemahaman Konsep, Self Efficacy Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31270

Actions (login required)

View Item View Item