HUBUNGAN MINAT MASUK PENDIDIKAN TEKNIK KEJURUAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018

GULTOM, VINANSIUS (2018) HUBUNGAN MINAT MASUK PENDIDIKAN TEKNIK KEJURUAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133321013 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133321013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133321013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133321013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133321013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133321013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5133321013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133321013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5133321013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan Minat Masuk Pendidikan Teknik Kejuruan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan berjumlah 70 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 59 orang siswa kelas XI yang ditentukan secara acak. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan hasil tes, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat Masuk Pendidikan Teknik Kejuruan dan Kemandirian Belajar. Sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut dijaring dengan menggunakan hasil tes. Jumlah instrumen angket Kemandirian Belajar sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,064 tergolong sangat kuat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa rhitung = 0,501 dan nilai rtabel pada α = 0,05 adalah 0,252. Hal ini berarti rhiutng > rtabel, maka hipotesis diterima. Dan untuk variabel X2 dengan Y diperoleh rhitung = 0,453 nilai rtabel pada α = 0,05 adalah 0,252 . Hal ini berarti rhitung > rtabel, maka hipotesis diterima. Hasil analisis regresi sebagai berikut : Fh = 5,774 harga Ft = 3,16 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (18,014 ≥ 3,14). Bahwa persamaan regresi Y = 26,821 + 0,356 X1 + 0,264 X2 dapat ditarik kesimpulan mengenai hubungan antara Minat Masuk Pendidikan Teknik Kejuruan dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut. Dengan demikian hipotesis terdapat hubungan yang positif antara Minat Masuk Pendidikan Teknik Kejuruan dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dapat diterima sebesar r = 0,626, menggunakan rumus product moment pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEfendi, Hidir196101251987031001
Call Number: SK-2018 MSN 060
Keywords: MINAT MASUK PENDIDIKAN TEKNIK KEJURUAN, KEMANDIRIAN BELAJAR, HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31209

Actions (login required)

View Item View Item