PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK KREATIF TERHADAP SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Lubis, Anggi Ayu Sari (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK KREATIF TERHADAP SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143151006_COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143151006_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143151006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143151006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143151006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143151006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143151006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143151006_BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143151006_BAB V.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143151006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh konseling kelompok teknik kreatif terhadap self-esteem pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan T.A. 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik kreatif terhadap self-esteem pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan T.A. 2018/2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 yang terdiri dari 10 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui self-esteem siswa. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok teknik kreatif. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung= 24 dengan  = 0,05 dan n = 10, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 8. Dengan demikian Jhitung > Jtabel (24> 8). Data Pre-test diperoleh rata – rata 62,9 termasuk kategori rendah sedangkan data post-test atau setelah pemberian layanan konseling kelompok teknik kreatif diperoleh skor rata-rata 85,2 termasuk kategori sedang. Artinya rata – rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok dengan teknik kreatif lebih tinggi daripada sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik kreatif. Perubahan peningkatan interval self-esteem siswa setelah diberi layanan konseling kelompok teknik kreatif sebesar 21,9 atau 35%. Hal ini menunjukan ada pengaruh pemberian konseling kelompok Teknik Kreatif Terhadap Self-Esteem Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Medan T.A 2018/2019 atau hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMelfayetty, Sri1166212121986012001
Call Number: SK-2018 BK 079
Keywords: konseling kelompok; teknik kreatif; self esteem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item View Item