ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

HARAHAP, PARAMITA SARI (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4141141055 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4141141055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4141141055 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4141141055 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4141141055 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4141141055 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4141141055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141141055 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141141055 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141141055 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kritis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017/2018 pada materi sistem pencernaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 11 MIPA di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 248 orang. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu XI-MIPA-1 dan XI-MIPA-5 dengan jumlah 76 siswa. Sampel diambil secara purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa tes essay dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan data profil keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan adalah termasuk kedalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 66,67, sedangkan untuk masing-masing penilaian indikator kemampuan berpikir kritis siswa kategori paling tinggi berada pada aspek merumuskan Pertanyaan dengan nilai rata-rata 78,8, dan yang indikator kemampuan berpikir kritis yang paling rendah pada aspek memberikan alasan dengan nilai sebesar 56,4. Disusul berurut dengan indikator kemampuan berpikir kritis kategori sedang pada aspek melakukan induksi dengan nilai rata-rata 68,03, kemudianl aspek melakukan deduksi nilai rata-rata 78,6, aspek memberikan tindakan/keputusan sebesar 65,4 dan pada aspek melakukan evaluasi dengan nilai 66,1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarsono, Tri196512311990031018
Call Number: SK-2018 BIO 206
Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Sistem Pencernaan Makanan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31004

Actions (login required)

View Item View Item