PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI SMA NEGERI MEDAN

SAGALA, AMELIA OCTAVIANA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI SMA NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM  4141121002 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 4141121002 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4141121002 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4141121002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4141121002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4141121002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4141121002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4141121002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4141121002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4141121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141121002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4141121002 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4141121002 TABLE.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4141121002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4141121002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4141121002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4141121002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 4141121002 BIBLIOGHRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 4141121002 BIBLIOGHRAPHY.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas
di SMA Negeri 10 Medan.
Penelitian ini adalah jenis quasi experiment dengan desain two group
pretest-posttest design. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri
10 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Dengan teknik cluster random sampling
terpilih 2 kelas yaitu, kelas XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dan kelas XI MIA-2 sebagai
kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk
essay test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretes kelas eksperimen
36,25 dan kelas kontrol adalah 36,50. Berdasarkan hasil analisis data kedua kelas
berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf
signifikansi α = 0,05 maka dapat disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan
awal yang serba sama. Selanjutnya dilakukan perlakuan pada masing-masing
kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 81,70 dan
rata-rata nilai postes kelas kontrol sebesar 66,12. Berdasarkan hasil analisis data
kedua kelas berdistribusi normal dan homogen Dari hasil pengujian hipotesis
dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 2,426 dan tabel t = 1,668. Karena
hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh hasil belajar siswa akibat model pembelajaran learning cycle 5E
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Teori Kinetik Gas di SMA Negeri
10 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 161
Keywords: model pembelajaran learning cycle 5E, hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:54
Last Modified: 19 Oct 2018 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31000

Actions (login required)

View Item
View Item