PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI SMA NEGERI MEDAN

SAGALA, AMELIA OCTAVIANA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI SMA NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 4141121002 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4141121002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4141121002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4141121002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4141121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4141121002 TABLE.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4141121002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4141121002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 4141121002 BIBLIOGHRAPHY.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas di SMA Negeri 10 Medan. Penelitian ini adalah jenis quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest design. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih 2 kelas yaitu, kelas XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk essay test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretes kelas eksperimen 36,25 dan kelas kontrol adalah 36,50. Berdasarkan hasil analisis data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikansi α = 0,05 maka dapat disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang serba sama. Selanjutnya dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 81,70 dan rata-rata nilai postes kelas kontrol sebesar 66,12. Berdasarkan hasil analisis data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 2,426 dan tabel t = 1,668. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa akibat model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Teori Kinetik Gas di SMA Negeri 10 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Pintor196104021987031002
Call Number: SK-2018 FIS 161
Keywords: model pembelajaran learning cycle 5E, hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31000

Actions (login required)

View Item View Item