ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN BUATAN GURU BAHASA INDONESIA DI SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

WARDHANI, AULIA (2018) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN BUATAN GURU BAHASA INDONESIA DI SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2141111006 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2141111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2141111006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2141111006 PREPARE.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2141111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2141111006 TABLE.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2141111006 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2141111006 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2141111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dan kelayakan instrumen penilaian buatan guru mata pelajaran bahasa Indoesia dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam menjaring data adalah rencana pelaksanaan pembelajaran dan Buku Guru Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi 2016. Data yang dianalisis adalah instrumen peneilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terdapat dalam Rpp guru bahasa Indonesia kelas X dan kelas XI. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya kesesuaian instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibuat oleh guru kelas X dan XI dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, indikator capaian, materi dan rubrik penilaian kurikulum 2013. Namun, pada butir instrumen keterampilan ditemukan dua butir instrumen yang tidak sesuai dengan Kompetensi Dasar, yaitu KD 4.11 dan KD 4.16 pada kelas X serta KD 4.18 pada kelas XI. Selain itu, kelayakan instrumen penilaian yang diperoleh dari hasil analisis adalah penilaian pada kelas X: sikap sebesar 100%, pengetahuan sebesar 99.3%, keterampilan sebesar 94,7% secara keseluruhan kelayakan instrumen penilaian kelas X adalah 98%. Sedangkan pada kelas XI kelayakan instrumen penilaian yang diperoleh adalah sikap sebesar 100%, pengetahuan sebesar 97,7%, keterampilan sebesar 97,6% secara keseluruhan kelayakan instrumen penilaian kelas XI adalah 98,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAdi saputera, Abdurahman196710011994021001
Thesis advisor, Basyaruddin195809041986011001
Call Number: SK-2018 IND 130
Keywords: Instrumen penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan, dan kurikulum 2013
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 17 Oct 2018 12:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30973

Actions (login required)

View Item View Item